Thursday, August 21, 2008

9. Drs. H.M. Rafani Akhyar, M.Si. - Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat

LDII Bandung Belum Banyak Berubah

LDII Jawa Barat (Jabar) sangat intens menjalin hubungan dengan ormas-ormas Islam lain (khususnya dengan MUI) dan intansi pemerintah. Ketua LDII Bandung sendiri adalah salah satu pengurus IKAPI Bandung. Jika pengurus MUI mempunyai agenda di luar kota untuk kepentingan organisasi, LDII menawarkan bantuan-bantuannya, seperti transportasi, sopir dan keuangan. Ada kalanya tawaran ini ditolak MUI Jabar, karena anggaran untuk keperluan tersebut telah dikeluarkan oleh MUI Jawa Barat.

LDII Bandung belum banyak berubah. Upaya untuk pembauran dengan jama’ah kaum Muslimin lainnya, hanya dilakukan di tingkat pengurus.

Adapun di tingkat grass roots belum terjadi banyak perubahan. Warga LDII masih jarang yang melakukan shalat berjama’ah di masjid-masjid yang tidak dimiliki oleh warga non-LDII. Ada satu kasus yang berkaitan dengan salah satu anggota pengajian LDII, di mana sepasang suami-istri dalam proses perceraian, dikarenakan sang istri aktif mengikuti pengajian LDII. Istri tersebut menggugat cerai, lantaran suaminya tidak mau bergabung dalam pengajian LDII. Di beberapa kecamatan, misalnya di Kecamatan Sukajadi, warga LDII masih mengepel masjidnya jika masjid tersebut baru saja digunakan oleh warga non-LDII. Hal ini dinyatakan oleh MUI Kecamatan Sukajadi.

...

1 comment:

al-bilaly said...

demikianlah sejatinya ajaran LDII.semoga Alloh memberi hidayah kepada mereka